Friday, June 8, 2012

7 Kisah Transplantasi Organ Tubuh Paling Unik

Kejadian unik bisa ditemukan di mana saja, termasuk dalam dunia kedokteran. Contohnya kisah seputar transplantasi organ tubuh di bawah ini. Transplantasi organ tubuh kerap dilakukan untuk mengganti organ tubuh yang rusak atau sudah tidak berfungsi lagi. Misalnya mata, jantung, ginjal, sampai sel darah. Dalam setiap kasus, pemilihan pendonor untuk pasien harus dilakukan dengan sangat hati-hati dan teliti, karena tidak semua orang di dunia ini mempunyai organ tubuh atau sel tubuh yang cocok. Berikut 7 Kisah Unik Transplantasi :[/font]

1. Wanita yang Menerima Donor Ginjal dari Selingkuhan Suaminya
Seorang wanita Turki berhasil diselamatkan hidupnya, setelah menerima donor ginjal dari selingkuhan suaminya. Wanita tersebut bernama Melihat Avci. Empat tahun setelah pernikahannya, salah satu ginjal Melihat dinyatakan tidak berfungsi. Kasus gagal ginjal ini membuatnya harus melakukan cuci darah tiga kali seminggu, dan empat jam setiap sesinya.
Sementara itu, Mehmet Avci – suaminya, ternyata sedang mengencani wanita lain yang bernama Ayse Imdat. Mehmet memboyong Imdat ke rumah orang tuanya, dan berpura-pura mengenalkannya sebagai baby sitter untuk anak laki-lakinya. Ketika Meliha Avci mengetahui kenyataan ini, dengan berbesar hati ia meminta agar suaminya segera menikahi Imdat setelah ia meninggal dunia.

Namun, Imdat rupanya punya pemikiran lain. Bukannya menunggu kekasihnya menjadi duda kemudian menikahinya, Imdat malah memutuskan untuk menyelamatkan nyawa istri kekasihnya tersebut. Ia memaksa untuk mendonorkan ginjalnya untuk Melihat. Tidak hanya sampai disitu, Imdat ternyata juga berjanji untuk merawat Meliha setelah operasi sampai kesehatan madunya itu benar-benar pulih. Melalui sebuah wawancara, Meliha menyatakan “kami telah berbagi suami, kini kami berbagi ginjal juga”. Hmm … rasanya Ayse Imdat berhak dinobatkan sebagai selingkuhan teladan.

2. Mau Diselamatkan Nyawanya? Dukung MU Dulu!
Di lapangan hijau, bukan rahasia lagi jika Manchester United dan Manchester City adalah musuh bebuyutan. Walaupun bertetangga, kedua klub ini selalu bersaing ketat di setiap musimnya. Suasana ‘panas’ pertandingan sepak bola juga kadang ikut terbawa ke kehidupan sehari-hari para penggemarnya. Tetapi apakah benar seorang penggemar klub sepakbola selalu fanatik dan ogah berpindah ke lain hati? Baca dulu kisah konyol yang satu ini.
Seorang fans berat klub Manchester United setuju untuk mendonorkan sel darahnya kepada sang kakak, dengan syarat saudaranya tersebut berhenti mendukung Manchester City. Pria bernama Martin Warburton (50th) meminta Kakaknya, Paul (59) menandatangani kontrak perjanjian untuk masuk ke Fan Club Manchester United.
Syarat ini tentu saja hanya banyolan, tetapi toh Paul tetap menandatanganinya. Paul yang berjuang melawan penyakit leukemia, menyatakan bahwa ia merasa beruntung adiknya memiliki sel tubuh yang identik dengan miliknya. Paul pun akhirnya hijrah dari tim biru ke tim merah.

3. Dibuang Sayang
Seorang pria yang mendapatkan penis transplantasi pertama di dunia, harus memotong kembali organ vitalnya tersebut karena istrinya tidak suka. Setahun sebelumnya, pria ini pernah mengalami sebuah kecelakaan hebat yang membuat alat vitalnya rusak dan tidak bisa diperbaiki. Kecelakaan tersebut hanya menyisakan 1 cm bagian saja yang membuatnya tidak bisa buang air kecil, apalagi berhubungan seksual.
Nasib baik berpihak padanya. Orang tua dari seorang pemuda yang meninggal karena gagal otak setuju untuk mendonorkan organ tubuh anaknya kepada pria tersebut. Dokter menghabiskan waktu 15 jam untuk menempelkan penis baru sepanjang 10cm kepada pria berusia 44 tahun tersebut. 10 hari paska operasi, hasil test menyatakan bahwa suplai darah mengalir dengan lancar dan pria tersebut sudah bisa buang air kecil dengan normal.

Walaupun begitu, dua minggu kemudian dokter terpaksa memotong kembali penis baru pria tersebut, karena sang istri memiliki masalah psikologis dengan perangkat baru suaminya ini. Hal ini sangat disayangkan, karena transpantasi berjalan dengan sangat sukses dan tubuh sang pasien tampak tidak melakukan penolakan terhadap organnya yang baru.

4. Ginjal Untuk Kasir Tersayang
Dan Coyne of Evanston sama sekali tidak mengenal Myra de la Vega. Tetapi yang jelas, wanita ini adalah kasir favorit Coyne dari sebuah supermarket tempat ia berbelanja selama kurang lebih 18 tahun. Pada suatu hari, Coyne menyadari bahwa Myra tampak kurang sehat dan tubuhnya terlihat semakin kurus. Pria itu kemudian menanyakan kondisi kesehatan Myra. Sang kasir menjelaskan padanya bahwa kondisi kesehatannya memang sedang kurang baik. Myra menderita gagal ginjal yang mengharuskannya melakukan cuci darah agar tetap hidup.
Tanpa ragu, pria yang bekerja sebagai petugas sosial di sebuah sekolahan ini pun menawarkan salah satu ginjalnya untuk kasir favoritnya! Awalnya Myra mengira Coyne hanya bercanda. Myra mengandalkan donor ginjal dari saudari perempuannya, karena organ tubuh dari saudara sekandung biasanya sangat cocok. Ketika ternyata saudari perempuan Myra tidak cocok sebagai donor, Coyne membuktikan keseriusannya. Ia memaksa untuk dites, dan ginjal mereka ternyata cocok.
Operasi pun dilakukan, dan berjalan sangat lancar. Kisah kepahlawanan Coney membuat kepala sekolah tempatnya bekerja mencanangkan tanggal operasi, 23 Maret 2010, sebagai “Dan Coyne Day”. Selain itu, kisah Dan Corney juga dimasukkan ke dalam kurikulum pembelajaran.

5. Kembalikan Ginjalku!
Merasa sangat terpukul atas gugatan cerai dari istrinya, Richard Batista pun meminta kembali hadiah paling berharga yang pernah ia berikan kepada wanita tersebut. Hadiah itu tidak lain adalah ginjalnya sendiri!Delapan tahun yang lalu, dokter asal Long Island ini mendonorkan ginjalnya kepada sang istri untuk menyelamatkan hidupnya. Nasib Richard memang kurang baik, karena pujaan hatinya ternyata malah berselingkuh, kemudian menuntut cerai darinya.
Sebagai bagian dari harta gono-gini, Richard menuntut sang istri, Dawnell, untuk membayar uang seumlah $1.5 juta sebagai pengganti ginjal yang telah ia donorkan. Jika jumlah tersebut tidak dibayarkan, ia meminta ginjalnya dikembalikan. Dokter yang sedang patah hati ini menyatakan bahwa jumlah tersebut adalah ganjaran yang pantas untuk menebus kelakuan buruk sang mantan istri kepadanya.

6. Putri diatur untuk melahirkan dari rahim ibunya sendiri setelah transplantasi pertama di dunia
Sarah Ottonson lahir tanpa rahim karena gangguan genetic langka. Ibu Sarah, Eva akan menyumbangkan rahimnya-yang jelas bekerja- pada putrinya. Apabila ahli bedah Swedia berhasil, dia akan bisa mendapatkan anak. Operasi yang dijadwalkan pada musim semi tahun 2012, bukanlah upaya pertama untuk transplantasi rahim. Upaya lain pada tahun 2000 oleh dokter Saudi sudah berhasil, tetapi transplantasi rahim telah dihapus empat bulan kemudian karena komplikasi. 
Operasi ini tampaknya sangat rumit dan melibatkan penghubung pembuluh darah ecil dari ovarium ke rahim yang ditransplantasikan. Bahkan jika operasi ini berhasil, dokter tidak yakin apakah rahim yang ditransplantasikan akan dapat meregangkan dan memberikan darah yang cukup untuk mempertahankan hidup.

7.Gadis remaja yang sudah memiliki tiga Jantung
Seorang gadis yang memiliki tiga jantung pada usia 16 tahun. Debbie Ward lahir tanpa katup tricuspid – yang membuat darah mengalir kea rah yang benar – dan memiliki transplantasi jantung pertama ketika ia berusia 15 bulan. Dia adalah korban termuda operasi seperti itu di Great Ormond Street Hospital daerah London. Setelah itu, semua berjalan dengan sangat baik. Dia hanya seperti anak lain seusianya dan benar-benar aktif. Tapi, lebih dari satu decade kemudian, tiba-tiba Debbie terjatuh dengan sakit dada saat di bus sekolah. Para dokter mengatakan hatinya gagal dan ada rawan membentuk di atasnya.
Mereka tidak tahu mengapa, tetapi arteri mulai tersumbat.

No comments:

Post a Comment