Tuesday, January 10, 2012

7 Manfaat Tertawa

Manfaat kesehatan yang berhubungan dengan tertawa sulit untuk dinilai secara ilmiah. Namun, banyaknya penelitian dan pengalaman pribadi telah membantu saya untuk menyusun daftar berikut ini. Berikut adalah 7 manfaat dahsyat dari tertawa dimana setiap orang dapat mengalaminya. Lihatlah apa yang Anda pikirkan mengenai hal ini!

1. Mengurangi Stres
Meningkatnya stres akan menurunkan sistem kekebalan tubuh. Selama musim pancaroba, kita semua tahu kerugian yang akan kita dapatkan jika memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah. Mungkin itulah sebabnya saya tampaknya lebih tertarik pada hal-hal yang dapat membuat saya tertawa di musim pancaroba dan juga di musim hujan. Tertawa meningkatkan jumlah antibodi di dalam tubuh yang dapat membantu melawan infeksi dan juga meningkatkan jumlah sel-sel kekebalan.

2. Dapat Menjadi Olahraga Ringan
Tertawa dapat meningkatkan detak jantung Anda, tingkat tekanan darah meningkat, otot-otot wajah meregang, dan lebih banyak oksigen dikirim ke jaringan dalam tubuh. Saya selalu merasa lebih baik setelah tertawa lepas, terkadang rasanya sama baiknya dengan perasaan saya sehabis mengantar anjing berjalan-jalan. Sebuah penelitian yang dilakukan, salah satu hasilnya mengungkapkan tertawa semenit sama halnya dengan 10 menit mendayung mesin. Karena saya selalu dikejar waktu dan tidak memiliki mesin dayung, tertawa lepas selama satu menit sepertinya dapat menjadi latihan yang baik bagi saya.

3. Membakar Kalori
Sebuah penelitian dilakukan untuk mengukur jumlah kalori yang terbakar saat seseorang tertawa. Tentu saja, tawa yang ditahan tidak masuk dalam hitungan. Penelitian ini dilakukan pada tawa yang terkonsentrasi, sehingga Anda harus mencari cara untuk dapat terus tertawa selama 10 sampai 15 menit. Selama waktu itu, Anda seharusnya dapat membakar sekitar 50 kalori.

4. Mempertahankan Aliran Darah Normal
Apakah Anda pernah menonton drama atau film horor dan menemukan diri Anda mencengkeram sofa maupun lengan orang di samping Anda? Tidak hanya tubuh Anda yang merasa tegang dalam situasi ini, namun pembuluh darah Anda juga demikian. Orang-orang yang diteliti saat menonton komedi mampu mempertahankan aliran darah yang normal sebagai kebalikan dari mereka yang menyaksikan film-film yang dramatis.

5. Menurunkan Kadar Gula Darah
Manfaat yang satu ini dapat menjadi berita bagus bagi para penderita diabetes. Sebuah penelitian dilakukan pada sekelompok kecil orang yang terdiri dari 19 orang. Penelitian ini termasuk memberi makan para partisipan kemudian meminta mereka menghadiri ceramah yang serius tepat setelahnya. Kelompok ini kemudian diberikan makanan yang sama persis keesokan harinya dan diperintahkan untuk menonton komedi. Hasil yang mengejutkan adalah kadar gula darah seluruh anggota kelompok menurun setelah menonton komedi daripada saat mereka mendengarkan ceramah yang membosankan.

6. Tertawa Membuat Anda Merasa Baik Secara Keseluruhan
Saya tidak pernah merasa lelah setelah tertawa lepas. Apakah Anda juga demikian? Saya menemukan bahwa tertawa membuat saya merasa lebih bahagia, lebih hidup dan lebih positif mengenai segala hal. Suami saya sangat hebat dalam membuat saya tertawa, yang saya sadari sangat berguna bagi saya. Hari-hari yang saya jalani sepertinya berjalan dengan lebih lancar ketika saya memiliki sesuatu yang membuat saya tertawa.

7. Tertawa Dapat Membantu Anda Tidur Lebih Nyenyak Di Malam Hari
Norman Cousin menulis sebuah memoar dimana ia membahas pengalamannya sendiri akan manfaat dahsyat dari tawa. Dia telah didiagnosa menderita gangguan tulang belakang yang sangat menyakitkan. Dan ia menemukan dengan menonton serangkaian komedi yang membuatnya tertawa setidaknya selama 10 menit memungkinkan dirinya untuk tidur selama beberapa jam tanpa rasa sakit.

Orang-orang skeptis percaya bahwa manfaat kesehatan tidak datang dari tertawa itu sendiri melainkan dari lingkungan yang mengitari seseorang. Siapa tahu, manfaat kesehatan yang sebenarnya merupakan kombinasi yang sempurna dari keduanya.