Wednesday, May 23, 2012

15 Kuda Mitologi Dari Berbagai Negara

Makhluk mitologi adalah makhluk-makhluk yang dianggap ada keberadaannya oleh orang-orang dahulu kala (mitos). Biasanya cerita ini didapatkan secara turun-temurun ke anak cucu mereka hingga sekarang. Bahkan beberapa ilmuwan sedang mencoba mengungkap keberadaan mereka yang sebenarnya.

Equine adalah genus dari mamalia yang memiliki ciri fisik seperti kuda. Contohnya seperti kuda, keledai dan zebra. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas beberapa makhluk mitologi dalam jenis layaknya kuda.

1. Buraq

Buraq adalah kuda mitologi yang muncul dalam kepercayaan Islam. Disebutkan bahwa dia adalah makhluk dari Surga yang bertugas mengantar Nabi. Kisah yang paling terkenal mengenai Buraq yaitu saat dia mengantar Nabi Muhammad dari Makkah ke Madinah dan ke Surga selama malam Isra Mi'raj. Penggambaran Buraq yaitu dia lebih kecil dari kuda namun lebih besar daripada keledai.

2. Glashtyn

Dalam mitologi Manx, Glashtyn adalah sejenis Goblin yang memiliki fisik seperti kuda namun biasanya memiliki badan separuh ikan. Nama Glashtyn sendiri memiliki makna "aliran".

3. Centaur

Centaur adalah salah satu ras yang hidup di bumi, dalam mitologi Yunani. Digambarkan sebagai manusia yang memiliki badan seekor kuda dari pinggang ke bawah. Biasanya dikisahkan bahwa mereka memiliki skill bertarung yang unik, terutama dalam senjata panah.

4. Cheval Mallet

Cheval Mallet dideskripsikan sebagai kuda iblis yang menakjubkan dan muncul dalam cerita rakyat sekitar Perancis. Biasanya muncul saat tengah malam dengan penampilan seekor kuda yang berwarna hitam atau putih lengkap dengan pedal dan jok. Konon siapapun yang menunggangi Cheval Mallet tidak akan kembali kecuali dengan mantra khusus.

5. Each Uisge

Each Uisge muncul sebagai makhluk supernatural dalam mitologi Skotlandia. Dia identik dengan Kelpie namun jauh lebih berbahaya. Habitatnya adalah di laut, danau air jernih dan teluk. Each Uisge memiliki dua wujud, yang pertama adalah berwujud kuda yang cantik dan wujud kedua sebagai pria tampan (namun ada semacam rumput laut di bagian rambut). Dia sangat suka membawa orang ke dalam air, mencabik, memakannya dan hanya menyisakan organ hati (karena mengambang di air).

6. Gytrash

Gytrash adalah anjing hitam legendaris dalam mitologi Inggris Utara yang dapat berubah wujud menjadi seekor kuda. Disebutkan bahwa Gytrash suka berburu orang yang sedang menyendiri dan membuatnya tersesat. Namun beberapa kisah juga menyebutkan bahwa Gytrash terkadang menolong pengelana tersesat kembali ke jalan yang benar.

7. Helhest

Dalam cerita rakyat Denmark, Helhest adalah kuda berkaki tiga yang berhubungan dengan penyakit serta kematian. Beberapa saksi mata kerap melihat Helhest berjalan di sekeliling taman Gereja di seluruh Denmark. Konon Helhest juga kerap muncul saat ada upacara pemakaman.

8. Hippalectryon

Hippalectryon digambarkan dengan wujud kuda yang memiliki badan ayam jantan dan memiliki bulu berwarna kuning. Dia muncul dalam mitologi Yunani dan seringkali ditemukan sebagai motif di vase-vase kuno.

9. Hippocamp

Hippocamp adalah makhluk mitologi Etruscan yang sering juga disebut 'Kuda-Laut'. Digambarkan layaknya seekor kuda namun memiliki badan seperti ikan, bersisik, serta memiliki sirip ikan.

10. Hippogriff

Banyak yang mengira bahwa Hippogriff sama dengan Griffin. Namun sebenarnya mereka adalah dua makhluk yang berbeda. Hippogriff adalah persilangan antara Griffin dengan Kuda. Dia memiliki bagian Griffin pada bagian depan, sedangkan badan kuda pada bagian belakang. Mereka jauh lebih cepat, lebih kuat, serta lebih mudah dijinakkan dari pada Griffin. Dalam kisah abad pertengahan, Hippogriff digunakan seagai kendaraan perang Ksatria atau Penyihir.

11. Kelpie

Kelpie muncul dalam mitologi Celtic sebagai kuda air. Dikatakan bahwa dia kuat, dan berkulit hitam (walaupun beberapa bilang kulitnya berwarna putih). Kulitnya sangat dingin (seperti orang mati) dan terkadang muncul seperti seekor kuda poni yang tersesat. Konon Kelpie juga suka berubah menjadi wanita cantik untuk memikat pria dan menarik mereka ke dalam sungai.

12. Keshi

Keshi adalah sejenis kuda iblis dalam mitologi Hindu. Dia dikirimkan oleh Kans (paman Krishna) untuk membunuh Krishna. Namun dalam pertarungan, Krishna berhasil membunuh Keshi, sehingga mendapat julukan Keshava-Sang Pembunuh Keshi. Kisah mengenai pertarungan Keshi dan Krishna dapat dibaca dalam buku ke-10 Bhagavata Purana.

13. Pegasus

Pegasus merupakan salah satu makhluk mitologi yang paling terkenal di seluruh dunia. Pegasus berasal dari mitologi Yunani yang digambarkan sebagai kuda putih bersayap yang sangat indah. Dia saudara dari Chrysaor. Pegasus pernah ditugaskan Zeus untuk mengantarkan petir Zeus. Dalam mitologi China disebut sebagai Tianma dan dalam mitologi Turki disebut sebagai Tulpar.

14. Tikbalang

Tikbalang adalah makhluk mitologi yang berasal dari cerita rakyat Filipina. Digambarkan sebagai manusia yang memiliki kepala kuda, tubuhnya sangat tinggi. Konon Tikbalang tinggal di atas gunung dan hutan di Filipina. Mereka sangat suka membuat orang tersesat.

15. Unicorn

Satu lagi kuda mitologi yang paling terkenal di seluruh dunia, Unicorn. Unicorn sendiri berasal dari mitologi Eropa yang digambarkan sebagai kuda dengan ukuran yang sedikit lebih besar, dan memiliki semacam tanduk spiral di atas kepalanya. Unicorn merupakan simbol kemurnian dan kehormatan. Mereka hanya bisa ditangkap oleh wanita yang masih perawan. Konon tanduk Unicorn dipercaya sebagai benda mistik yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

sumber : kaskus.us

No comments:

Post a Comment