Wednesday, May 23, 2012

Dunia Vampire

Vampire adalah makhluk yang bertahan hidup dengan cara mengambil intisari kehidupan makhluk lain (seperti darah contohnya). Mereka memiliki golongan sendiri seperti mayat hidup (living-dead), atau manusia (living-person). Keberadaan para vampire telah tercatat hampir di seluruh peradaban dunia, bahkan zaman Prehistorik sekalipun. Diketahui bahwa zaman vampire yang paling terkenal tercatat pada abad 18 di daerah Eropa. Beberapa dari mereka adalah makhluk yang abadi dan dapat berbaur dengan makhluk lainnya.

Berikut daftar vampire yang ada di setiap negara. Get Ready!

1. Abchanchu

Abchanchu adalah ras vampire yang tersebar di Bolivia. Biasanya mereka dapat merubah bentuk seperti orang yang putus asa atau orang tua yang sedang berkelana. Ketika seseorang mencoba untuk menolong mereka, maka Abchanchu akan langsung menggigit dan meminum darah korbannya.

2. Abere

Abere adalah kelas iblis wanita yang datang dari mitologi Melanesia. Mereka digambarkan sebagai wanita "liar" yang memiliki pelayan-pelayan wanita cantik. Abere biasanya hidup di rawa-rawa dan menarik manusia yang kebetulan bertemu dengan pesona kecantikannya. Kemudian membunuh sang korban dengan cara menelan korbannya.

3. Adze

Adze berasal dari cerita rakyat Ewe, Ghana. Di alam liar, mereka menjelma menjadi kunang-kunang dan akan berubah wujud menjadi manusia ketika tertangkap. Saat dalam wujud manusia, mereka memiliki kemampuan untuk mempengaruhi korbannya. Yang paling menarik adalah, Adze berubah wujud dalam bentuk orang-orang yang paling berpengaruh negatif terhadap korbannya. Misal jika korban adalah wanita atau pria, maka Adze berubah menjadi salah satu anggota keluarga yang tinggal jauh.

4. Asanbosam

Asanbosam atau yang memiliki nama lain Sasabonsam adalah jenis vampire yang berasal dari suku Ashanti, Afrika Barat. Beberapa saksi mata melaporkan bawha wujud Asanbosam seperti manusia yang memiliki taring besi, dan kail besi sebagai pengganti kaki mereka. Mereka biasanya menunggu di pohon dan menyerang korbannya dari atas.

5. Aswang

Aswang berasal dari cerita rakyat Filipina. Koloni Spanyol mengatakan bahwa Aswang adalah makhuk yang paling ditakuti sejak abad 16. Aswang adalah wanita yang sedang mencari kehidupan abadi dengan cara mengshisap darah (terutama bayi segar). Wujud Awsang sangat mengerikan, yaitu bagian tubuh dari perut ke atas dan memiliki sayap serta taring. Konon, untuk membunuh Aswang adalah dengan cara menusukan logam ke dalam tubuh bagian perut ke bawah saat mereka sedang beraksi.

6. Baobhan Sith

Baobhan Sith adalah vampire wanita dalam cerita rakyat Skotlandia (mirip seperti Banshee). Mereka memangsa korbannya yang berjalan sendirian dengan rayuan kecantikannya. Wujud umum mereka adalah wanita cantik dengan gaun warna hijau. Sekali setiap tahun, mereka bangkit dari kubur untuk mencari mangsa. Ketika berburu mangsa, mereka lebih suka berkelompok. Mereka akan mengajak mangsanya berdansa dan kemudian meminum darahnya (tidak menggigit layaknya vampire umumnya, namun menggunakan cakar dari kuku mereka).

7. Dhampire

Dhampire berasal dari Slovakia. Mereka adalah ras hibrid ketika vampire pria menikahi seorang wanita manusia. Dhampire biasanya memiliki fisik yang lebih kuat dari ras vampire pada umumnya. Diceritakan bahwa mereka mampu mendeteksi keberadaan vampire lain dan lebih suka memburunya. Kisah tentang Dhampire dapat disaksikan dalam serial anime yang berjudul "Vampire Hunter D".

8. Ghoul

Ghoul muncul dalam literatur tua Arab dalam kisah 1001 Malam. Mereka identik dengan kuburan dan pemakan daging. Umumnya mereka berupa mayat hidup (walaupun tidak semuanya seperti itu). Dalam cerita rakyat Arab Kuno, diceritakan bahwa Ghoul hidup di bawah tanah yang gelap. Mereka akan memangsa para pengelana yang tersesat, menyeret mereka dan memakan mereka.

9. Jenglot

Jenglot adalah vampire khas Indonesia yang berasal dari Jawa. Mereka umumnya berukuran mini seperti boneka mainan. Dikatakan bahwa Jenglot adalah manusia yang sedang belajar ilmu hitam untuk mencapai keabadian. Jenglot harus meminum darah untuk tetap bertahan hidup (darah manusia dan binatang). Jenglot juga dapat dipelihara oleh manusia lain untuk kebutuhan tertentu. Konon, jika seseorang ingin menjadi Jenglot, mereka harus bertapa di goa tertentu.

10. Jiang Shi

Jiang Shi adalah vampire yang hanya ada di China. Mereka terkenal dengan sebutan "Vampire Lompat" karena mereka bergerak dengan melompat-lompat.

Menurut legenda orang yang meninggal bisa saja menjadi Jiang Shi dengan kriteria sebagai berikut:

Jenis tanah pemakaman tidak cocok untuk menguburkan mayat
Korban praktek ilmu hitam "kebangkitan" (reserruction)
Arwah yang masih penasaran
Mayat telah mendapat "energi yang" secara tidak sengaja
Mayat dilompati oleh kucing hitam yang sedang hamil
Arwah orang yang tersesat saat menuju alam baka
Orang yang digigit oleh Jiang Shi lain

sumber : jelajahunic.us

No comments:

Post a Comment