Thursday, May 10, 2012

Mengintip Pembuatan Supercar Aston Martin One-77 Langsung Di Pabriknya

Aston Martin One-77 adalah supercar yang dibuat berdasarkan pesanan pembeli. Proyek ini dimulai tahun 2008 berawal dari e-mail bos Aston Martin, Ulrich Bez kepada Ian Minards, Direktur Pengembangan Produk Aston Martin padahal sebelumnya Minards mengabaikan e-mail bertanggal 3 Oktober 2007 tersebut!

Email Bez, intinya meminta pembuatan supercar berkekuatan lebih dari 686 HP yang dikombinasikan dengan teknologi tinggi, dibuat dengan tangan (hand made), dan dapat menggambarkan kemampuan unik serta gairah para perancang serta para rekanan-rekanan di bidang teknis.

Email itu diterima Minards dan juga Marek Richmann (Kepala Perancang Aston Martin), dan 10 hari kemudian diterima Chriss Porrit (Kepala Program Rekayasa) kemudian mereka berembuk sebelum mengatakan "Ya, kita bisa!" untuk mengeksekusinya dan akhirnya pada tahun 2011 mereka berhasil mebuatnya dan mengujicobanya. Dan, lihatlah hasilnya. Sebuah mobil super seharga US$ 1.500.000 yang eksotis, canggih, dan bercita rasa tinggi.


Kepala Program Rekayasa, Chriss Porrit mendeskripsikan Aston Martin One-77 sebagai "a crime of passion"

Sebelum dirakit, bodi yang sudah dicat dipisahkan kembali di "station zero" uuntuk diberi lapisan pelindung panas


Bahan pelapis bodi melindungi cat, dan film melapisi bahan serat karbon selama proses perakitan agar tidak tergores


Setelah bodi diberi lapisan pelindung, barulah pekerjaan dimulai. Pekerja Aston Martin menggunakan segala cara termasuk posisi tubuh seperti ini untuk mengerjakannya. Benar-benar penuh gairah!


Setiap mobil melalui 8 tahap pengerjaan, tiap tahapnya butuh waktu setengah minggu. Total waktu yang dibutuhkan jadi 4 minggu, dan tambahan 3 minggu lagi untuk perakitan.


Dashboard dan console tengah dirakit dahulu diluar sebelum dipasang ke dalam kabin. Material dasar konsol tengah trbuat dari aluminium, sedangkan tombol dan tuas pengaturan lainnya terbuat dari bahan yang beragam


Jok Sparco berlapis bahan semi kulit dikerjakan dengan tangan (hand made)


Salah satu komponen penyusun interior


Pengerjaan pemasangan interior


Mesin 7,3 liter bertenaga 725 HP yang dibangun oleh Cosworth selama 2 minggu


Memasang mesin V12 pada rangka, kemudian dipasangi suspensi double wishbone pada chassis berbahan serat karbon


Batang serat karbon melintang di ruang mesin berkontribusi pada torsi 34.000 Nm tiap sudut kemiringannya. Suspensi pushrod diturunkan setinggi 15 mm saat bermanuver


Salah satu bagian suspensi serat karbon dilihat dari dudukan lampu depan


Rem cakram Brembo berbahan keramik dan serat karbon berdiameter 398 mm untuk bagian depan dan 360 mm untuk bagian belakang


Pengerjaan tahap akhir : memasang emblem kebesaran Aston Martin


Setelah selesai dirakit, diuji coba secara internal di pabrik

Bagaimana perlakuan layanan premium Aston Martin bagi pembeli mobil ini saat mereka pertama kali melihat mobil yang dipesannya pertama kali? Inilah dia.. (menggunakan versi warna hitam karena warna inilah yang paling disuka pembeli)





Setiap mobil diserahkan kepada pembeli di dalam ruangan yang disinari oleh 750 lampu OLED agar keindahan Aston Martin One-77 terekspos seluruhnya.

Musik bertempo tinggi dan pintu geser menambah ketegangan saat dibuka.

Mobil ini totalnya hanya dibuat sebanyak 77 unit, dan sampai saat ini baru 70 unit yang telah diserahkan ke pembeli. Sisanya telah dipesan dan sedang dalam proses pengerjaan. harganya yang US$ 1.500.000 memang lebih mahal daripada Bugatti Veyron yang lebih bertenaga, namun penggila Aston Martin tidak mempermasalahkannya karena bagi mereka "passion" yang diwujudkan pada Aston Martin One-77 ini adalah hal terpenting.

No comments:

Post a Comment